About   2 comments

KLETHAK, Yaitu nama sebuah dusun kecil yang merupakan bagian dari desa Klecoregonang, kecamatan Winong, yang di bawah pemerintahan Kabupaten Pati. sebuah perkampungan yang asri, indah, dengan udara sejuk karena belum terjamah oleh industri modern, di mana belum ada cahaya listrik yang menerangi rumah dan belum ada taburan aspal di jalan ketika tahun 1979 waktu aku di lahirkan.

Tepat tanggal 24 bulan Agustus bersamaan dengan malam hari raya Idul Fitri Si Doel mulai menghirup segarnya udara di bulan syawal. Doel, itu lah panggilan masa kecilku, sebuah nama pemberian dari simbah kakung kata kedua orang tuaku.

Masa kecilku hanya bermain ala anak kampung, mandi di kalen (sungai kecil), ngarit (menyabit rumput) adalah tugas keseharian anak anak kampung sebayaku. Jangankan untuk main Play Station sedangkan nonton televisipun hanya seminggu sekali di rumah orang kaya, dan cuma nonton acara Kethoprak yang sering di tayangkan TVRI DIY dengan warna hitam putih dan masih menggunakan aki. Hehehe ternyata indah juga kalo di kenang.

Si Doel beranjak gede dan mulailah menjadi si Doel anak sekolahan, awal mula belajar mengenal huruf, angka, menulis dan membaca di SDN Tawangrejo 01, meskipun ada di desa sebelah tapi aku lebih memili di SD Tawung yang jaraknya cukup dekat dari rumah, jadi waktu jam istirahat bisa menyempatkan pulang ke rumah makan xixi. Waktu sore hari di lanjut sekolah diniyah di yayasan Roudlotusysyubban yang juga ada di desa Tawangrejo, tapi cuma sampai kelas 2 terus Drop Out, jadi cuma tahu alif ba ta saja hehe.

Lulus SD dengan nilai yang lumayan amburadul, si Doel kecil melanjutkan pelajaran di MTs N Winong. Di sebut MTs Winong padahal sekolahanya ada di Desa Pekalongan lo. Tiga tahun masa belajar bertemulah dengan banyak teman dari luar kampung se kecamatan Winong, yang berdampak pada perubahan nama Doel sebagai nama panggilan di kampung menjadi Jalal yang akhirnya populer sebagai nama panggilan hingga sekarang. Padahal secara pribadi lebih suka di pangil Doel hehe. Oh iya belum tak kasih tahu nama komplitku yo. Aslinya Abdul Jalal haha, keren kan?

Setelah itu pemgembaraan Yi Doel sebagai perantau pun telah bermula. Sekilas saja, Yi Doel pernah merantau di Jakarta, Jambi, Palembang dll. Kerja pun macam-macam kerja di lalui. Tepatnya bukan kerja tapi Nguli hehe, akhirnya mentok juga Nguli sampai ke Luar Negeri hingga sekarang.

Saking seringnya merantau sampai tidak tahu perubahan-perubahan dan kemajuan di Klethak, jalan yang dulunya berlumpur saat musim hujan berubah jadi aspal. Rumah yang dulunya berdinding gebyok (papan) pada berubah berdinding bata. Penerangan yang dulu pakai uplik (lampu bersumbu yang menggunakan minyak tanah) berubah pakai lampu neon. Dan gadis-gadis yang dulu mungil berubah jadi perawan desa yang manis dan salah satunya mengusik hatiku yang akhirnya ku pinang jadi pendamping hidupku hehe. Dengan gadis yang bernama Linda itulah sekarang Yi Doel telah di karuniai seorang anak laki-laki yang bernama Rizal.

Itu sajalah sekelumit tentang cah klethak alias Yi Doel, alias Jalal, alias Ayahnya Rizal.
Salam jabat erat saja untuk semua pembaca hehe.

Oh iya hampir lupa! Kalau mau kenalan sama Yi Doel di pesbuk ya silahkan klik aja di sini ataupun mau kenalan dengan teman-teman dari Klethak Community bisa lihat di sini Terima Kasih.

Iklan

Posted Maret 25, 2012 by MazYiDoel

2 responses to “About

Subscribe to comments with RSS.

  1. Ping-balik: Kehebatan Sapi Australia « CAH KLETHAK'S BLOGGER

  2. Ping-balik: Cara Membuat Email “Yahoo” Lewat Hape | CAH PATI WINONG KIDUL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: